8 Museum di Indonesia yang bisa jadi destinasi saat kamu Travelling

Hallo Trackers! Pernah kepikiran ngga sih, sekali-sekali kamu merencanakan liburan yang berbeda dari biasanya seperti mengunjungi museum-museum bersejarah yang ada di Indonesia. Museum tidak selalu membosankan loh, selain menambah wawasan kamu juga bisa belajar lebih banyak tentang sejarah, budaya dan seni bangsa Indonesia. Nah jika kamu belum tahu museum mana saja yang menarik untuk dikunjungi, Tracker punya 8 referensi museum bersejarah di Indonesia yang wajib dikunjungi, apa aja sih?

1. Museum Nasional Indonesia - Jakarta

Museum yang berada di pusat ibu kota Jakarta ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Museum ini juga sering dikenal sebagai Museum Gajah, karena adanya patung gajah perunggu pemberian Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871. Museum bergaya Eropa ini menyimpan sekitar 141 ribu benda-benda sejarah dan prasejarah dari berbagai periode.

Museum ini berisi alat primitif pra-sejarah, kerajinan tradisional, prasasti kuno, koleksi emas, dan banyak lagi. Museum Nasional juga dianggap sebagai salah satu museum terbesar di Asia Tenggara, bangunannya memiliki arsitektur klasik yang megah bergaya Eropa.

-photo credit : wikipedia.org

2. Museum Geologi Bandung - Bandung

Museum Geologi ini beralamat di Jl. Diponegoro 57, Bandung. Bagi kamu pecinta alam, museum ini sangat tepat untuk dikunjungi saat liburan karena koleksi bebatuan, fosil, dan mineral yang lengkap dihadirkan untuk para pengunjungnya. Di museum ini kamu juga dapat belajar banyak hal yang berhubungan dengan bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya, cara mengolah energi dan banyak lainnya.

-photo credit : infopedia.banjarkode.com

3. Museum Fatahillah - Jakarta

Museum Fatahillah berada di Kota Tua Jakarta dan pernah menjadi Balai Kota Jakarta pada zaman Batavia Lama. Pada 30 Maret 1974, gedung ini berganti menjadi museum yang berisi benda-benda peninggalan pada zaman tersebut. Di dalamnya ada total 23.500 benda bersejarah, baik dalam bentuk asli maupun replika.

-photo credit : wikipedia.org

4. Museum Tsunami Aceh - Banda Aceh

Ini merupakan museum simbolis yang dibuat sebagai rasa hormat atas kejadian bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 lalu. Museum ini sekaligus menjadi pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat, jika terjadi bencana serupa lagi. Dirancang oleh Ridwan Kamil, bangunan ini memiliki ruangan yang ditujukan untuk menghormati para korban tsunami dengan memajang nama mereka di seluruh dinding.

-photo credit : persona.travel

5. Museum Angkut - Malang

Museum Angkut merupakan museum alat transportasi yang terletak di kota Batu, dekat Malang, Jawa Timur. Museum ini diperuntukkan sebagai ruang pendidikan dan hiburan. Museum ini memiliki kendaraan yang berbeda dari dareah dan era yang berbeda dari seluruh dunia, termasuk alat angkut kuno, mobil klasik Eropa, dan kendaraan listrik modern. Kendaraan-kendaraan di museum ini ditampilkan dalam pengaturan lanskap yang sesuai dan dibuat secara kontekstual, sehingga di sini kamu dapat melihat jalan-jalan di Paris dan jalan pegunungan Indonesia di dalam museum. Kamu juga dapat mencoba dan merasakan simulator penerbangan yang canggih.

-photo credit : radarmalang.id

6. Museum Batik Danar Hadi - Solo

Museum Batik Danar Hadi letaknya di kota Solo, Indonesia. Di sini kamu bisa menikmati koleksi seni batik yang lengkap mulai dari zaman sebelum dan sesudah penjajahan Belanda. Perlu kamu tahu batik yang dipamerkan bernilai seni tinggi seperti Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Cina, Batik Hokokai, Batik Indonesia, sampai Batik Sudagaran. Selain melihat-lihat koleksi batik kamu juga bisa menyaksikan proses pembuatan batik di workshop yang ada di museum.

-photo credit : weeknescape.wordpress.com

7. Museum Siwalima - Ambon

Museum ini terletak di Teluk Ambon, yang membuat tempat ini semakin eksotis. Siwalima berasal dari kata 'siwa' diambil dari kata yang artinya sembilan dan 'lima' diambil dari Patalima yang artinya lima. Ribuan koleksi mengenai kelautan, geologi, biologika, dan masih banyak yang lainnya dari Maluku ada di dalam sini.

-photo credit : menaraglobal.com

8. Museum Anak Kolong Tangga - Yogyakarta

Ini merupakan museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Dibangun pada 2 Februari 2008 oleh Rudi Corens, Museum Anak Kolong Tangga ini merupakan 'kekhawatiran' terhadap anak-anak dan remaja yang cenderung melupakan budaya serta tradisi mereka di zaman semarang ini.

Kebanyakan mainan yang dikoleksi museum ini berasal dari era 90-an. Lebih dari 16 ribu koleksi mainan, buku cerita, gambar, baik dari dalam negeri dan berbagai negara lainnya ada di sini. Cocok banget buat kamu yang ingin bernostalgia masa kecilmu.

-photo credit : jadiberita.com

Nah bagi kalian yang memiliki rencana untuk Travelling, ngga ada salahnya kan untuk rencanain destinasi ke museum?!