Tips Cara Mencuci Tas

Punya tas yang kotor? Simak Yuk cara mencuci tas yang baik dan benar berikut ini!

Banyak hal yang menjadi pertimbangan kita sebelum membeli tas, mulai dari kenyamanan dalam pemakaian, kapasitas, hingga model dan harga.

Mungkin beberapa dari Trackers sudah mulai persiapan traveling minggu-minggu ini mengingat akhir tahun tingal menghitung minggu. Baru balik setelah traveling? Pasti direpotkan dengan PR baru yang tidak kalah penting: bagaimana cara mencuci tas yang baik dan benar.

Ya, cara mencuci tas yang baik dan benar tidak kalah pentingnya dengan memilih tas yang tepat sebelum bepergian, ataupun saat menggunakannya. Memang sudah banyak jasa laundry yang menawarkan jasa mencuci tas.

Namun terkadang, kita kurang sreg dengan hasil laundry, atau takut tas kita malah rusak karena terkena mesin.

Nah, sebenarnya bagaimana sih cara mencuci tas yang baik dan benar? Simak nih tips dari Tracker berikut ini :

1. Kosongkan Dulu Tas Sebelum Dicuci

    Ya, dikosongkan sudah pasti. Tentunya kalian tidak ingin ada barang-barang berharga yang ikut tercuci kan? Periksa lagi setiap kantung tas, siapa tahu masih ada beberapa barang kecil, notes penting, atau bahkan mungkin masih ada uangnya. Yang tidak kalah penting adalah masukkan semua barang-barang tersebut ke dalam sebuah tas plastik selagi tas kalian masih dicuci. Oiya, penting juga untuk membersihkan barang-barang kecil yang ada di dalam tas sebelum mengembalikan semuanya ke tempat semula.

    2. Baca Label Peringatan Pada Tas Ransel kamu

    Mungkin sebagian dari kamu belum banyak yang tahu jika setiap tas ransel ada lebel peringatan untuk pencucian. Artinya ada bahan-bahan seperti deterjen atau sabun yang tidak bisa digunakan pada saat pencucian. Di dalam label juga biasanya terdapat peringatan bahwa tas ranselmu boleh di cuci menggunakan mesin cuci atau hanya bisa dicuci secara manual.

    3. Gunakan Air Hangat-Hangat Kuku

    Untuk mencuci, gunakan air hangat-hangat kuku. Jangan gunakan air panas, karena bisa merusak warna tas. Gunakan bak air yang cukup besar untuk memasukkan tas secara keseluruhan dan tangan kalian bisa mencuci tiap bagiannya dengan leluasa.

    4. Bersihkan dulu noda-noda.

    Gunakan cairan pembersih untuk menghilangkan noda, tapi hindari pemutih. Gunakan sikat lembut (atau sikat gigi tua) untuk menyikat noda, kemudian diamkan selama 30 menit. Noda-noda itu akan hilang ketika Anda mencuci.

      Apabila Anda tidak punya pembersih noda, Anda juga bisa menggunakan sikat yang dicelup dalam campuran 50:50 detergen dan air.

      5. Deterjen dan Cara Menggosok

      Gunakan deterjen yang tidak terlalu keras bahannya, dan juga sikat yang lembut. Campur deterjen ke dalam air, dan gosok tas dengan menggunakan sikat (sikat gigi juga boleh) di bagian yang memiliki noda membandel. Jika tasmu menggunakan material yang benar-benar lembut, maka hindari menggunakan sikat gigi. Cukup gunakan spons untuk membersihkannya.

      6. Bersihkan Sisa Deterjen

      Setelah itu, ganti air yang sudah penuh deterjen dengan air baru (bisa hangat, bisa dingin) untuk membersihkan sisa-sisa deterjen dari tas. Peras tiap bagian tas dengan hati-hati untuk membersihkannya dari residu deterjen yang masih menempel di dalamnya. Perhatikan saat memeras, jangan sampai merusak bagian kancing, tali, atau resletingnya.

      7. Bilas Seluruhnya

      Bilas seluruh sabun dan detergen dengan air hangat sampai tidak bersisa. Peras ransel sekuat mungkin. Anda bisa mencoba meletakkan ransel di atas sebuah handuk mandi berukuran besar kemudian menggulungnya sampai menjadi sebuah tabung.

      Metode ini mengeringkan air yang banyak. Berhati-hatilah dengan ritsleting, tali, dan busa.

      8. Keringkan

      Keringkan tas dengan cara digantungkan dan membiarkan semua kancing, kantung dan resleting terbuka. JANGAN gunakan hair dryer untuk mengeringkan karena bisa merusak beberapa bagian tas seperti bantalan punggung. Biarkan saja kering dengan sendirinya. Kamu juga bisa mengeringkannya di bawah sinar matahari untuk mencegah penjamuran tas.