Tips Fashion Pria Basic

Terkadang pria berpikir bahwa tampil fashionable harus mahal, memerlukan usaha yang lebih, atau memiliki lebih banyak lagi baju dan aksesoris yang tidak penting. Padahal, ada beberapa tips Fashion Pria basic yang mudah untuk diikuti yang akan memberikan sentuhan khusus terhadap outfit dan gayamu. Bahkan, dengan memperhatikan beberapa tips fashion pria basic ini, kamu dapat memperbaiki penampilanmu sekaligus menghemat budget belanja pakaian.

Tampil tampan, rapi dan menawan tidak harus ribet kok. Simak tips fashion pria basic yang simpel ini untuk meningkatkan penampilanmu!

Tips Fashion Pria Basic yang Wajib Kamu Tahu

·       Pastikan Ukuran & Fit Pakaian Pas dengan Tubuh

Salah satu tips fashion pria basic yang harus diperhatikan adalah memastikan semua ukuran pakaian yang kamu kenakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Fitting baju adalah kunci dari penampilan rapi seorang pria.

Ketika membeli atasan, ada tiga bagian yang harus diperhatikan; bahu, kerah, dan armhole.
Tiga bagian ini adalah bagian paling susah untuk di-tailor, dan hasilnya pun juga tidak bisa rapi. Bila ketiga area ini tidak terasa pas, jangan beli pakaian tersebut.

Pastikan jahitan bahu jatuh dengan sempurna di tepian bahu, apalagi untuk jas, jaket, atau blazer. Untuk kemeja berkerah, pastikan kamu dapat menyelipkan 2 jari antara leher dan kerahmu. Terakhir, pastikan armhole area lengan tidak terlalu longgar, namun juga tidak terlalu sempit hingga membatasi ruang gerakmu.

Begitu juga dengan pemilihan jeans ataupun celana panjang. Gunakanlah celana jeans atau chino slim fit, pastikan area pinggang muat dengan sempurna tanpa harus menggunakan ikat pinggang.

·       Sediakan “Wardrobe Essentials” dengan Warna & Pattern yang Versatile

Menjadi fashionable bukan berarti kamu harus boros dengan selalu membeli baju baru. Untuk menjadi fashionable, sebetulnya cukup dengan memiliki beberapa wardrobe essentials, antara lain kemeja formal & kemeja casual, polo, t-shirt polos, chino, dan celana jeans.

Pilihlah wardrobe essentials dengan warna sekaligus pattern atau motif yang mudah untuk di mix-and-match. Kalau mau ambil amannya, warna-warna yang lebih kalem seperti warna monokrom (hitam, putih, abu-abu), navy, biru muda adalah warna-warna yang mudah untuk dipadu-padankan.

Sediakan beberapa motif atau pattern yang mudah dipadu-padankan seperti kotak-kotak (gingham, tartan, atau plaid), atau bahan versatile seperti oxford, pique cotton, dan flannel.

Jangan lupa untuk menyediakan beberapa pasang sepatu untuk segala kegiatan, seperti sepatu untuk wawancara atau kerja (oxford shoes), sneakers untuk berolahraga, dan boat shoes, penny loafers, sandal boots untuk everyday-wear.

·       ­­­­­Perhatikan Detail Kecil

Kunci dari berpenampilan stylish adalah dengan memperhatikan detail-detail kecil, seperti pemilihan warna & motif kaos kaki, pemilihan warna ikat pinggang (gunakan warna yang matching dengan warna sepatumu), strap jam tangan, pemilihan dasi & cufflinks.

Perhatikan juga grooming wajah dan rambut. Konsultasikan dengan barber atau penata rambutmu bila kamu menginginkan potongan rambut yang bagus tetapi tetap low-maintenance bila kamu tidak ingin repot.

·       Percaya Diri dan Merasa Nyaman dengan Pilihan Baju yang Dipakai

Ini lah tips fashion pria basic yang paling penting: rasa percaya diri. Hal paling mendasar agar kamu terlihat lebih stylish adalah dengan rasa percaya diri dalam berpakaian. Maka dari itu, penting untuk memilih baju yang membuatmu merasa nyaman pada diri sendiri. Sebetulnya, tidak ada gunanya menggunakan aksesoris atau baju mewah dan berlebihan bila kamu tidak merasa percaya diri ketika memakainya.

Gunakan tips basic fashion pria yang simpel ini sebagai guide untukmu menemukan style-mu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan semakin familiar dengan gaya berpakaian apa yang cocok untkmu dan mana yang tidak. Bereksperimenlah dengan berbagai macam gaya berpakaian baru, sampai kamu menemukan gaya yang nyaman dan cocok dengan mu.

Sumber        : tokopedia.com

 

// //