Tips Menjaga Resleting Ransel Tetap Awet

Resleting atau zipper mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kegunaan ransel itu sendiri. Resleting ransel berfungsi untuk menutup bagian ransel yang telah diisi barang agar tidak mudah jatuh atau berantakan. Namun bagaimana jika resleting ransel favorit kamu mengalami kerusakan tentu akan sulit untuk mencari pengganti yang sama. Saat kita tidak menjaga resleting, maka akan menyebabkan resleting macet. Jika retsleting macet, maka gigi retsleting berpotensi bengkok atau patah yang membuat resleting rusak. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi kita untuk menjaga retsleting agar tetap awet.

 

Gunakan Petroleum Jelly

Kamu punya petroleum jelly di rumah? Selain manfaatnya baik untuk kulit, ternyata petroleum jelly juga bisa membantu kamu menjaga dan memperbaiki resleting rusak. Kamu bisa oleskan petroleum jelly pada gigi resleting tas dengan menggunakan bantuan cotton bud, tetapi sebelum itu cuci dengan bersih resleting kamu.

 

Gunakan Lilin

Lilin

Cara yang satu ini merupakan salah satu yang paling umum. Mengoleskan lilin melancarkan dan menjaga resleting dapat digerakkan dengan lancar. Menggunkana lilin sangat efektif mengatasi resleting macet.  Anda hanya perlu mengosokkan lilin ke resleting. Kemudian lakukan buka tutup resleting terus menerus hingga resleting terasa lebih lancar digerakkan.

 

Gunakan Grafit Pada Pensil

Grafit yang ada pada pensil mengandung minyak alami, dengan menggosokkan atau menggoreskan grafit pada gigi ritsleting akan melumaskan/ memperlancar jalur ritsleting tersebut. Gerakkan pensil ke atas dan ke bawah pada gigi ritsleting, atau gerakkan hanya pada bagian gigi yang membuat ritsleting tidak lancar. Gerakkan kepala ritsleting ke atas dan ke bawah hingga bisa bergerak lancar di sepanjang jalur gigi ritsleting.

 

 Gunakan Minyak Goreng

Tips lainnya untuk menjaga dan memperbaiki resleting tas yang rusak atau macet adalah dengan memanfaatkan apa yang ada di dapur. Oleskan minyak goreng pada resleting tas akan mempermudah kembali kamu membuka dan menutup resleting. Hal ini dikarenakan, minyak goreng berfungsi sebagai pelicin resleting ransel agar mudah bergerak dan tidak macet lagi. 

 

 Sejajarkan Gigi Resleting

 

Saat tas sering macet atau tidak lancar maka jika digunakan terus menerus akan mengakibatkan gigi resleting bengkok. Jika itu terjadi maka luruskan resleting yang bengkok dan beri pelumas agar dapat digerakkan dengan lancar.